Rafting Sungai Cipeles Sumedang

Rafting Sungai Cipeles Sumedang – Tempat Rafting Sumedang yang Makin Terkenal, Anda pecinta rafting dan ingin menikmati pengalaman mengarungi jeram di seluruh Indonesia? Jangan lewatkan Sungai Cipeles, tempat rafting Sumedang yang kini semakin banyak dikenal pecinta olah raga air. Sungai ini berlokasi di Desa Citepok yang asri, dan kini semakin sering dipromosikan warga Sumedang sebagai salah satu potensi wisata di daerah. Jika Anda gemar berarung jeram dan ingin menikmati keindahan alam di Sumedang sekaligus, rafting di sungai ini bisa menjadi pilihan yang bagus.

Selain menawarkan berbagai potensi wisata seperti keindahan alam dan situs bersejarah, jalur rafting Cipeles masih belum terlalu terekspos walau sudah dipromosikan oleh pemerintah lokal. Anda bisa menjadi salah satu yang beruntung menikmati jalur rafting ini dalam kondisi mendekati aslinya, sebelum ada terlalu banyak orang yang datang.

Kegiatan arung jeram di Sungai Cipeles

Rafting Sungai Cipeles Sumedang

Tempat Rafting Sumedang dengan Berbagai Pesona Wisata
Sungai Cipeles bukan satu-satunya lokasi rafting yang ada di Sumedang, namun sungai ini menawarkan berbagai pesona wisata selain ketegangan dari aktivitas arung jeram. Jika menyusuri sungai ini, Anda bisa menikmati beberapa hal seperti:

Arung jeram yang cukup menegangkan

Arus Cipeles cukup deras namun tidak terlalu keras, sehingga bisa digunakan sebagai rute arung jeram untuk yang baru sedikit berpengalaman. Rute arung jeram di sungai ini berjarak sekitar 4 hingga 8 kilometer, tergantung berapa lama Anda mau menikmati arung jeram. Karena masih cenderung baru, Anda bisa menikmati suasana rafting yang tentram di area sungai yang tidak begitu penuh orang.

Alam yang indah dan asri

Rafting Sungai Cipeles Sumedang

Sungai Cipeles masih relatif belum lama dikenal sebagai tempat wisata, sehingga pemandangan di sekitar jalur sungai ini masih sangat asri. Sambil menyusuri sungai bersama tim rafting, Anda bisa menikmati keindahan pepohonan hijau, udara pedesaan yang sejuk, dan formasi batu di pinggir sungai. Tempat istirahat di jalur rafting ini juga adalah sebuah daerah irigasi pedesaan yang indah dan asri, sehingga Anda bisa mengisi tenaga sebelum melanjutkan sisa perjalanan.

Ada situs bersejarah

Jika Anda tertarik dengan situs sejarah lokal, arung jeram di Cipeles akan memberi Anda kesempatan untuk menyaksikan beberapa situs sejarah tersebut. Jalur rafting Sungai Cipeles berdekatan dengan beberapa situs sejarah lokal seperti Batu Kabuyutan, Batu Pangcalikan, Batu Nunggul, dan Batu Namprak. Berbagai situs sejarah ini juga ikut mendulang popularitas dan potensi untuk dikembangkan, agar lebih banyak orang yang datang dan menaruh perhatian.

Tempat rafting mudah dicapai.

Walaupun jalur rafting Sungai Cipeles masih terhitung baru, tetapi lokasinya cukup mudah dicapai dari Jakarta atau Bandung, baik dengan mobil maupun sepeda motor. Anda bisa menuju Sumedang dari Tol Padaleunyi, terus ke Tol Cileunyi, dan kemudian terus melewati Jatinangor dan Tanjungsari hingga tiba di Sumedang. Jalur rafting ini berada di Sumedang Utara, dekat jalan Sumedang-Cibeureum.

Potensi wisata di masa depan

Rafting Sungai Cipeles Sumedang, Karena tempat rafting ini baru terkenal, fasilitas yang ada belum begitu banyak. Akan tetapi, antusiasme masyarakat sekitar, pemerintah daerah dan penggemar wisata domestik membuat tempat ini memiliki potensi besar. Ada beberapa warga yang sudah mulai membuka restoran, warung, hingga menawarkan jasa pemandu. Hal ini menggembirakan karena warga sekitar rata-rata berprofesi sebagai petani, sehingga adanya tempat wisata baru ini akan menambah peluang mendapat penghasilan.

Perahu rafting di aliran Cipeles yang lebih tenang

Dengan berbagai potensi ini, tidak heran jika rafting di Sungai Cipeles menjadi kegiatan yang cukup menarik dan menantang. Anda bisa menjajal Sungai Cipeles jika ingin merasakan sensasi arung jeram di sungai yang asri di Sumedang.

Rafting Sungai Cipeles Sumedang yang terjauh memakan waktu sekitar 4 jam, dengan jalur sejauh 18 kilometer dan tempat istirahat di Daerah Irigasi Senting, yang memakan waktu kurang lebih sekitar 3 jam dari titik awal yang direkomendasikan yaitu Rancapurut di Desa Rancamulya. Kondisi jeramnya cukup menantang namun cukup aman diikuti bahkan oleh siswa SMP dan SMA, asalkan berada dalam kelompok dan disertai pemandu rafting berpengalaman. Dengan segala potensi yang digambarkan di atas, Sungai Cipeles jelas menjadi salah satu tempat rafting Sumedang yang patut Anda pertimbangkan.

Call Now
WhatsApp